Tangkapan Layar Pelatihan Auditor Mutu Internal ISO 21001:2018,
Kamis dan Jum’at 2 – 3 Agustus 2021./dok.LPM/

BANDUNG – Pelaksanaan sertifikasi ISO 21001:2018 yang akan dilaksanakan oleh Universitas Bhakti Kencana telah memasuki tahapan implementasi, sehingga perlu segera dilakukan Audit Mutu Internal (AMI). Melihat pentingnya hal tersebut, maka Universitas Bhakti Kencana menyelenggarakan Pelatihan Auditor Mutu Internal ISO 21001:2018, secara daring (dalam jaringan) melalui zoom meeting pada hari kamis dan jum’at (2-3/9/21).

Pelatihan Auditor Mutu Internal ISO 21001:2018 dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Perwakilan Fakultas, Perwakilan Prodi serta unit yang ada di lingkungan Universitas Bhakti Kencana. Adapun narasumber dari kegiatan ini adalah Bambang Surya Laksana S.Si., M.M.

Nur Intan Hayati Husnul Khotimah, S.Kep., Ners., M.Kep sebagai ketua LPM menjelaskan bahwa mempersiapkan tim Auditor Internal untuk melakukan Audit Mutu Internal adalah salah satu persyaratan yang dilakukan untuk Sertifikasi ISO 21001:2018. Auditor Mutu Internal wajib memiliki lisensi resmi dari Lembaga yang memiliki kewenangan mengeluarkan Sertifikat Auditor ISO 21001:2018.

“Audit Mutu Internal merupakan tahapan penting dari siklus sistem manajemen mutu yang mengevaluasi tahapan siklus sebelumnya serta memberikan gambaran untuk pengambilan langkah-langkah yang tepat bagi tahapan siklus berikutnya, sehingga proses “Continuous Quality Improvement” terhadap Sistem Manajemen Mutu yang ada berlangsung dengan lebih baik.” Katanya.

Kegiatan dibagi dalam dua hari. Pada hari pertama acara dimulai dengan sambutan dari Rektor, Dr. Apt. Entris Sutrisno, M.Si, dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber dengan materi pelatihan Persyaratan ISO21001:2018 dan Penerapan SMOP dan Audit. Di hari kedua, acara dimulai dengan materi pelatihan Pengantar dan Konsep Audit, Perencanaan dan Persiapan Audit, Pelaksanaan Audit, Pelaporan dan Tindak Lanjut Audit. Pelatihan diakhiri dengan dengan sesi ujian auditor. (LPM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *