Universitas Bhakti Kencana (UBK) melakukan Surveillance ISO pada tanggal 19-20 Desember 2022. Surveillance ISO merupakan kegiatan pemantauan oleh lembaga sertifikasi independen terhadap pelaksanaan organisasi apakah masih sesuai dengan ketentuan Standard ISO 21001:2018. Scope audit pada Surveillance ISO tersebut yaitu “The provision of higher education services for Faculty of Pharmacy, Nursing faculty, Faculty of health sciences, Faculty of social science in UBK Bandung and D3 Nursing Study Program in UBK Garut”. Lembaga yang melakukan audit pada Surveillance ISO adalah BSI dengan menghadirkan dua orang auditor yaitu Ibu Dewi Almitra Sari dan Bapak Boedi Prasetyo Minarto.

Untuk menghadapi Surveillance ISO 21001:2018, Lembaga Penjamin Mutu UBK menyelenggarakan serangkaian kegiatan, diantaranya: Rapat persiapan Surveillance ISO dengan pimpinan universitas, Simulasi Surveillance ISO, Workshop Penyusunan QROA dan OTP, serta Penyampian rundown acara Surveillance ISO. Saat simulasi Surveillance ISO, Rektor UBK Bapak Dr. apt. Entris Sutrisno, MH.Kes menyampaikan “kita selalu melakukan improvement bukan untuk diri sendiri, namun untuk mahasiswa agar bisa bersaing di dunia saat ini”.

Kegiatan Surveillance ISO yang dilakukan secara daring dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Bhakti Kencana, pembacaan doa dan sambutan oleh Rektor UBK.

Tangkap layar pembukaan surveillance ISO

Setelah pembukaan, kegiatan surveillance dilanjutkan dengan audit terhadap unit Rektor, Strategik Manajemen, Lembaga Penjamin Mutu dan Wakil Rektor I. Setelah istirahat di hari pertama, unit yang selanjutnya diaudit adalah Fakultas Farmasi dan Wakil Rektor III. Di hari kedua, unit yang diaudit yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan UPT Laboratorium.

Dokumentasi audit surveillance Fakultas Farmasi
Dokumentasi audit surveillance Fakultas Ilmu Sosial
Dokumentasi audit surveillance UPT Laboratorium

Pada acara penutupan kegiatan Surveillance ISO, auditor menyampaikan hasil berupa feedback dari proses audit yang dilakukan. UBK mendapatkan tiga poin positive feedback dari auditor. Sementara itu, tidak ditemukan negative feedback berupa mayor maupun minor. Terdapat lima poin feedback berupa Opportunity for improvement. Kesimpulan dari hasil Surveillance ISO yaitu “RECOMMENDED for Continuing Certification of ISO 21001:2018

Hasil dan penutupan surveillance ISO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *