Audit Mutu Internal (AMI) dilakukan Universitas Bhakti Kencana (UBK) melalui serangkaian proses, diantaranya opening meeting dan sosialisasi sistem AMI, penyiapan dan asesmen dokumen, asesmen lapangan, validasi temuan audit, closing meeting dan penilaian umpan balik, desiminasi hasil AMI kepada pimpinan, dan verifikasi AMI. “Audit merupakan suatu proses sistemik, mandiri dan terdokumentasi yang tujuannya untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti-bukti audit untuk menentukan apakah sistem manajemen organisasi memenuhi persyaratan yang ditentukan (sesuai dengan kebijakan, prosedur, atau persyaratan lainnya)”, tutur Lead Auditor AMI, Bapak Dr. Apt. Agus Sulaeman, M.Si, saat opening meeting pada tanggal 5 September 2022.
Setelah penjelasan mengenai Audit mutu secara keseleuruhan dari Lead Auditor, acara opening meeting dan sosialisasi sistem AMI dilanjutkan dengan penjelasan detail teknis pelaksaan AMI oleh Kepala LPM, Ibu Sri Wulan M, S.Kep., Ners., M.Kep.
Rangkaian kegiatan AMI dilanjutkan dengan asesmen lapangan kepada seluruh unit di UBK, dimana masing-masing unit diaudit oleh dua orang auditor internal UBK. Kegiatan asesmen lapangan dilakukan secara luring bagi unit-unit di kampus pusat Bandung dan secara daring bagi unit-unit PSDKU.

Dokumentasi Asesmen Lapangan AMI
Dokumentasi Asesmen Lapangan AMI
Dokumentasi Asesmen Lapangan AMI


Pada tanggal 11 Oktober 2022 dilakukan closing meeting AMI secara daring melalui Platform Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Tim Auditor, Pimpinan Unit dan jajarannya. Closing meeting diawali dengan sambutan Rektor UBK, Bapak Dr. apt. Entris Sutrisno, MH.Kes. Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Lead Auditor, Bapak Dr. Apt. Agus Sulaeman, M.Si, yang menjelaskan isu hasil audit mulai dari perencanaan dan evaluasi kerja sampai umpan balik. Lead Auditor menutup presentasinya dengan melontarkan pertanyaan evaluatif “Apakah yang kita lakukan sudah benar? Adakah cara lain yang lebih baik untuk mengerjakan pekerjaan yang kita lakukan”. Pemaparan hasil AMI disampaikan oleh Kepala LPM, Ibu Sri Wulan M, S.Kep., Ners., M.Kep mulai dari pelaksanaan, hasil, rekomendasi, dan tindak lanjut. Kepala LPM menyatakan bahwa target 100% unit mengikuti AMI pada tahun ini sudan tercapai.

Tangkap Layar Acara Closing Meeting AMI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *